Sabtu, 04 Februari 2012

MUTIARA 10 SAHABAT RASUL

MUTIARA 10 SAHABAT RASUL
               Sobat udah pada kenal dooong sama sahabat Nabi Saw ? jangan bilang “ emang penting ya kenalan sam mereka ? “ Ya jelas penting! Menurut salah satu hadist ada 10 sahabat Nabi Saw yang dijanjikan masuk surge. Berguna banget kalau kita bisa mengenal mereka dan mengambil sisi baik dalam kehidupan mereka untuk kita contoh. Apalagi kita kan sedang bicara mengenai kepeduliaan TOUB banget deh beliau-beliau ini. Nah, kalau begitu mau donkkkk lebih dekat mengenal sisi-sisi baik 10 sahabat Nabi itu ? Yuuuuuuukkkkkkk………..
1.            Abu Bakar ash Shiddiq
            Ialah sahabat Rasul yang pendiam, seorang hartawan yang dermawan. Dan dia juga yang pertama kali menyambut ajaran Rasulullah dikalangan orang dewasa. Beliau adalah pemimpin yang dekat selalu dengan yang dipimpin, mau melayani yang dipimpin, dan bisa menjadi teladan bagi yang dipimpin. Selain itu, jangan pernah berubah, kecuali bertamabah dalam kebaikan. Subhanallah….
2.            Umar bin Khattab
            Ialah sang khalifah Rasyidin yang kedua, yang sangat tegas, namun berhati lembut. Ia juga sangat menjunjung tinggi aturan-aturan Islam. Beliau adalah pemimpin yang tegas dalam menegakkan kebenaran, nggak pilih kasih namun juga tetap berlaku baik dalam memutuskan hukuman dan melakukannya.
3.            Ustman bin Affan
            Beliau adalah Khalifah Rasyidin yang ketiga. Seorang dermawan yang santun, pemalu, tapi tegas. Menikahi dua putri Rasul yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum. Beliau adalah orang yang selalu menghargai orang lain terutama jasa-jasa orang lain.
4.            Ali bin Abi Thalib
            Ia  adalah Khalifah Rasyidin keempat. Pemuda pertama yang mengimani Islam. Panglima perang dan cendikiawan yang tangguh, seorang yang mencintai fakir miskin, dan keluarganya pun menjadi teladan. Ia menikahi Fatimah, putri Rasulullah Saw… beliau adalah orang yang tidak terlalu mementingkan dunia, begitulah kita seharusnya … hmmm Subahanallah…
5.            Thalhah bin Ubaidillah
            Beliau adalah salah seorang sahabat yang tergolong pertama kali masuk Islam. Seorang ahli pedagang yang gagah berani menjadi pengawal keluarga Rasul. Beliau pun orang yang dermawan karena rela membagi hasil dagangannya dengan fakir miskin. Kalalu kita gimana ya ?? rela nggak ya ??
6.            Zubair bin Awwam
            Beliau adalah sahabat Nabi Saw yang terkenal sebagai ahli pedanga dan tombak serta pakar penunggang kuda. Ia masuk Islam di usia 15 tahun, Muda banget ya ?? beliau juga terkenal akan keberanian dan ketangguhannya dalam berperang. Kaum muda kita juga harus berani dan cerdas seperti Zubair dalam hal perang teknologi, ideology dan karya. Hayooooo siapa berani ??
7.            Abdurrahman bin Auf
            Sahabat Rasul yang terkenal hartawan. Namun demikian harta nggak menjadikannya sombong dan lupa diri. Ia tetap sosok yang santun dan dermawan. Ia menyatu dengan para pelayannya dan hidup sederhana. Kita harus belajar mencontohnya…
8.            Saad bin Abi Waqqash
            Ia masuk Islam dengan mendapat pertentangan yang hebat dari ibunya. Namun, ia tak gentar. Ia juga terkenal sebagai ahli memanah dan berkuda. Dia juga sosok pemimpin yang lebih takut pada Allah dan tidak akan jatuh pada kesombongan.
9.            Said bin Zaid
            Ia adalah seorang pemuda yang berasal dari keluarga yang hanif. Ia sendiri masuk Islam pada usia muda. Beliau adalah sosok yang selalu hati-hati  dan tidak terlena oleh jabatan dan kedudukan. Subhanallah…
10.        Abu Ubaidah ibnu Jarrah
            Ia adalah seorang komandan prajurit yang tangguh dan ksatria pemalu yang berwibawa. Satu hal yang istimewa adalah kesetiaannya kepada prajurit-prajuritnya. Beliaulah contoh pemimpin teladan yang peduli keselamatan anak buahnya
Subhanallah ternyata banyak banget yang bisa dicontoh dari sikap para sahabat. Bagaimana mereka menyikapi dunia, harta, dan jabatan. Bagaimana mereka lebih peduli kepentingan rakyat dan anak buahnya. Bagaimana pula mereka taat pada hokum. Itu membuktikan bahwa mereka tidak hanya sibuk dengan diri sendiri, tapi mereka sangat peduli pada sekitar mereka. So jangan ragu untuk mulai mencontoh mereka sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar