Sabtu, 04 Februari 2012

TANDA CINTA UNTUK IBU DAN BAPAK


TANDA CINTA UNTUK IBU DAN BAPAK
               Pernahkah kita membayangkan hidup tanpa didampingi ibu bapak ? bayangkan tidak ada tempat mengadu, tidak ada tempat yang dimintai tolong (atau uang,,hhehehe) bila kita sedang butuh, dan terlebih lagi tidak ada yang mencurahkan kasih sayangnya untuk kita.
               Tapi, terkadang selagi orang tua masih bersama kita, ada saja masalah yang timbul. Yang pendapatnya nggak nyambunglah, yang suka ngatur-ngaturlah, dan segala macam masalah lain yang boleh jadi membuat hubungan kita dengan orang tua menjadi tidak baik.
Ada Hak Ortu Atas Diri Kita
               Allah menitipkan kita pertama kali pada Rahim ibu. Yang kemudian, kita dipeliharanya selama Sembilan bulan lebih untuk dilahirkan didunia. Waktu berjalan terus dan kita masih berada dalam asuhan dan pemeliharaan ortu kita hingga kini. Hubungan anak dengan ortu pu bukan hanya sebatas hubungan darah dan keturunan, tapi juga hubungan hati, emosi dan segenap perasaan. Wuuuuiiihhhh…. So sweet.
               Oleh karena itu Allah senantiasa mengingatkan kita untuk menjaga hak ibu dan hak bapak, maksudnya ? ya, karena kita punya ikatan perasaan dan darah dengan mereka dan mengingat begitu besar jasa mereka atas hidup kita, maka kita diperintahkan Allah untuk menghormati mereka dengan berbuat baik dan santun terhadap mereka.
               Selain itu kita bisa mendo’akan mereka agar selalu diberikan yang terbaik oleh Allah, termasuk juga bila kamu mengalami masalah komunikasi dengan mereka. Sobat, sikap santun ini harus tetap dipertahankan meskipun nanti mereka telah jompo dan mungkin pikun.
Beda Pendapat Dengan Ortu Boleh Nggak ??
               Tentu saja boleh. Tapi, semuanya harus diselesaikan dengan cara yang manis dan sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan hadist. Maksudnya, jangan sampai kita memendam dendam terhadap mereka atau mereka sampai begitu kesalnya terhadap kita.
               Di samping itu, perlu diingat bahwa ketaatan kita terhadap ortu bukan dalam rangka melakukan yang dilarang oleh Allah Swt. Bila mereka memerintahkan sesuatu yang mungkar, kita boleh menolaknya tapi dalam kerangka adab kesopanan terhadap orangtua.
Kasih Sayang Ortu Sepanjang Zaman, Kasih Sayang Anak Sepanjang Jalan
               Pernahkah ada seorang ibu atau seorang ayah yang sangat membenci anaknya ? kalaupun ada, pastilah mereka itu sedang dikuasai setan. Biasanya sampai sang anak dewasa, menikah dan punya anak lagi, kasih sayang ortu tetap tertumpah ruah kepada kita, anaknya. Mereka senantiasa memberikan yang terbaik bagi kita. Semua dilakukan tanpa pamrih dan tidak pilih kasih.
               Tapi apa yang sering dilakukan anak-anaknya ? untuk mendo’akannya pun sering terlupa. Padahal perintah untuk berbuat baik kepada keduanya bukan sekedar kewajiban tak bermakna. Hal ini jelas bernilai ibadah lho !!
               Maka, tidak ada salahnya jika dari sekarang, kita mulai menunjukan rasa sayang dan cinta kita kepada dua orang terbaik dalam hidup kita itu. Baik itu dengan sikap, dengan harta bila kita mampu dan mereka memerlukannya, dan dengan do’a yang tak terputus, hingga mereka tlah wafat. Hal ini tentu menjadi tabungan amal yang tak terputus, yang dapat meringankan siksa kubur mereka kelak. Semoga kelak anak-anak kita pun akan memperlakukan kita dengan baik dan santun.
               Sudah pernahkah kita menyatakan rasa cinta dan sayang kita kepada mereka ? jika belum pernah, mengapa mesti menunggu hari esok ? J
MOM…. DAD…. I LOVE YOU ALL J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar